Istilah Basic dalam Anime & Manga

| Sunday, November 10, 2013
Istilah_Basic

4 koma/Yon koma
Komik 4 panel, contoh komik yg mnggunakan sistem ini: Lucky star, K-on, komik jadul sperti Kobo-chan dan Kariage-kun juga memakai sistem ini..


Baka
Bodoh/idiot 
Chibi
Versi Kecil dari suatu tokoh/karakter


Cosplay
"Costume Play"
meniru tokoh/karakter tertentu dari anime/manga, mulai dari kostum, perlengkapan, tata rias, bahkan kadang sampai adegan pertarungan..

Doujinshi
Karya yang dibuat oleh fans yang diinspirasi oleh anime/manga tertentu.
CrossoverPersilangan dua seri atau lebih, banyak dijumpai dalam doujinshi, tapi ada pula yang sengaja dibuat oleh mangaka untuk memperingati hari tertentu
Crossover bisa pula berarti suatu peran dilakukan oleh karakter dari seri yang berbeda..(cosplay in anime=crossover, cmiiw)


FanserviceMateri2 atau gambar yang muncul dalam manga atau anime, yang sebenarnya tidak berhubungan dengan jalan cerita, tapi ditampilkan untuk "memuaskan"  pembaca..
Kawaii
kalau diterjemahkan => Cute.., sesuatu yg imut, menggemaskan..
Mangaka
Pengarang manga, that's it..
Maid
Pelayan atau pembantu yang biasa diperkerjakan di rumah2 bangsawan inggris. Seiring banyaknya anime/manga yang menggunakan karakter ini, maid menjadi sangat populer di Jepang.
Maid Cafe
"Meido Cafe"
Salah satu cosplay cafe terpopuler. 
Adalah cafe atau restoran yang pelayan/waitress-nya menggunakan baju Maid dan melayani pelanggan seakan2 melayani tuannya di rumah..

Miko
Pendeta wanita di kuil jepang.

Mahou
Magic/Sihir.
Neko
Kucing
Otaku (http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2134199)
Sebetulnya pengertian awalnya adalah orang yang betul-betul menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya), tapi istilah "Otaku" saat ini identik dengan Anime Otaku.
Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay, dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relatif banyak.
OVA
"Original Video Animation"
Anime yang langsung diedarkan dalam bentuk format video tanpa disiarkan di TV atau bioskop.
*OAD
"Original Animation DVD"
Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD. 
Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.
*ONA
"Original Net Animation"
Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Cth: Penguin Musume, Bounen no Xam'd, The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.
RAW
Raw bukan singkatan.. istilah ini digunakan untuk manga atau anime yang masih Raw(mentah), jadi masih pakai bahasa jepang, atau belum ada subtitle-nya.
Seiyuu
"Voice actor/actress"
Pengisi suara karakter dalam anime.

sumber: kaskus.co.id


0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲